WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS SELF ASSESSMENT RBBR BERDASARKAN KARAKTERISTIK BANK DAN PEER GROUP

    Dibaca 672 kali

Jumat, 14 Oktober 2016

BANDUNG -  Dalam rangka peningkatan kualitas self assessment risk based bank rating (RBBR) SOLMIT kembali mengadakan workshop dengan tema Peningkatan Kualitas Self Assessment RBBR Berdasarkan Karakteristik Bank dan Peer Group”.  Workshop ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 13 – 14 Oktober 2016 bertempat di Kantor SOLMIT yang beralamat  di Jalan PHH. Mustofa No 39, Surapati Core Blok JI -J2 Bandung.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Pemimpin Bagian dan Staf Manajemen Risiko Bank Riau Kepri dan sebagai fasilitator sekaligus pemberi materi disampaikan oleh Dr. Abdurrahman, MT selaku Senior Consultant.

Tujuan dari diadakannya workshop ini adalah untuk mengetahui konsep penerapan manajemen risiko dan filosofi tingkat kesehatan bank, memahami permasalahan dan tujuan perbaikan dalam peningkatan kualitas self assessment Risk Based Bank Rating (RBBR), memahami tahapan-tahapan penyempurnaan self assessment Risk Based Bank Rating (RBBR), memahami metodelogi pendefinisian parameter dan cara skoring parameter, baik untuk parameter kualitatif maupun kuantitatif dengan mengacu pada karakteristik bank dan peer group.

Pada hari  pertama workshop, materi yang dibahas mengenai filosofi tingkat kesehatan bank, konsep tingkat kesehatan bank, permasalahan dalam penilaian tingkat kesehatan bank, langkah-langkah perbaikan kualitas penerapan self assessment RBBR, tahapan penyempurnaan self assessment dan metodelogi pendefinisian parameter dan skoring parameter kuantitatif & kualitatif.

Hari kedua workshop, peserta dibimbing secara langsung untuk mensimulasikan pendefinisian dan skoring data parameter kualitatif dan kuantitafif  yang mengacu pada data historis bank dan data benchmark peer group. Simulasi parameter ini dilakukan dengan menggunakan data parameter real dari Bank Riau.

Dari hasil workshop ini, langkah strategis yang dapat diambil bank dalam rangka perbaikan kualitas peningkatan self assessment RBBR adalah bank diharapkan melakukan perbaikan kualitas dan cara self assessment dengan membandingkan hasil penilaian bank dengan data benchmark peer group,  melakukan konversi data parameter kualitatif menjadi kuantitatif agar dapat terukur. Bank juga direkomendasikan untuk menerapkan Risk Management Plan (RMP) yang mengacu pada rencana bisnis bank dan risk appetite agar aktifitas pengelolaan risiko menjadi efektif, baik untuk kualitas penerapan manajemen risiko maupun untuk profil risiko.

Share:

Produk

Kontak Kami

PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA
Komplek Surapati Core J-2 Jl. PHH Mustofa No.39, Bandung
info@solmit.com
(+6222) 723 7667
(+6222) 8724 1411