SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DIKLAT

    Dibaca 387 kali SIM DIKLAT

SIM DIKLAT

Salah satu upaya untuk mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) suatu organisasi adalah dengan cara membenahi kualifikasi dari SDM perusahaan sehingga SDM sebagai aset Bank memiliki yang memiliki peran strategis dapat memberikan kontribusi positif kepada salah satu tujuan bank yaitu menciptakan Good Corporate Governance (GCG) pada perusahaan. strategis dan terpenting dalam mengimplementasikan rencana strategis Bank. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan kompetensi SDM melalui program pendidikan dan pelatihan (diklat) secara berkesinambungan dan perbaikan secara terus menerus. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Bank yang profesional, modern, dan berkualitas.

Dengan jumlah SDM Bank yang cukup besar dan tersebar di kantor pusat, cabang, cabang pembantu, dan kantor kas, tentunya membutuhkan dukungan sistem Diklat yang handal, terpadu, dan terintegrasi untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan meningkatkan efektifitas pengelolaannya.

Dengan Sistem Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan kualitas pelaksanaan diklat yang didasarkan kepada Buku Pedoman Perusahaan (BPP) sebagai guidance Sub Divisi Diklat Divisi SDM Bank yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan diklat selain itu sistem diklat ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memberikan pelayanan kepada seluruh SDM bank dan memberikan dukungan pengambilan keputusan bagi manajemen dalam konteks pembinaan dan pengembangan SDM guna mendukung terwujudnya visi dan misi bank.

 

Benefit

  1. Menyediakan aplikasi SIM Diklat yang terintegrasi dan sentralistik untuk mendukung kemudahan dan efektifitas pada proses pengelolaan Diklat.
  2. Menyediakan dashboard dan pelaporan diklat yang dapat menjadi pedoman bagi pengambil keputusan terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan diklat.
  3. Mengurangi ketergantungan pada personil ketika terjadi rotasi, mutasi, dan pensiun, sehingga program diklat dapat dijalankan secara sistem organisasi.
  4. Membuat standarisasi metode dan proses dalam menyelenggarakan program diklat secara berkesinambungan dan terpadu dengan program lainnya.
  5. Meningkatkan kemampuan dalam menyelenggarakan diklat untuk menghasilkan, transformasi dan mendayagunakan kompetensi SDM.

 

Arsitektur Aplikasi

 

Penjelasan Modul

  1. Diklat, merupakan menu yang berisikan tahapan dari diklat juga hal lain yang berkaitan dengan data collection penyelenggaraan diklat sebagai referensi subdivisi diklat dalam menyusun rencana penyelenggaraan diklat.
  2. Sertifikasi, merupakan modul yang mengelola pengadaan diklat sertifikasi dari mulai analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan dan juga evaluasi.
  3. History, adalah menu yang digunkan untuk melihat history diklat yang telah diikuti oleh pegawai sehingga memudahkan melakuan pencariannya.
  4. Fungsi Pendukung, merupakan menu yang berisikan beberapa submenu yaitu cuti, dinas luar, dan yang menjalankan tugas.
  5. Informasi, adalah modul yang berisikan informasi tentang manajemen dokumen, agenda diklat, dan berita yang terkait dengan diklat.
  6. Fasilitator, merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola data fasilitator penyelenggara Diklat.
  7. Anggaran Diklat, merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola data anggaran pertahun yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan diklat percabang.
  8. Manajemen Administrasi, adalah modul yang berisiskan dua sub modul yaitu surat masuk dan surat keluar.
  9. Master Data, merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi.
  10. Log Activity,merupakan modul yang menampilkan data pengguna aplikasi berikut aktifitas di dalam aplikasi.
  11. Executive View, merupakan menu untuk menampilkan rekap dan visualisasi data berupa kolom / chart / grafik diklat yang disajikan untuk para top management.
  12. User & Role Management, merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.

Share: