SIMBADA

    Dibaca 250 kali barang jasa simbada

Bank dalam menjalankan aktivitas bisnisnya khususnya dalam manajemen barang dan jasa juga melibatkan kerjasama dengan para mitra/vendor. Kerjasama dengan mitra terkait dengan pekerjaan yang berbasis proyek baik dalam proyek konstruksi, IT, pengembangan jaringan, dan lainnya.

Untuk memperkuat struktur Divisi Umum dalam mengelola pengadaan barang dan jasa, maka diperlukan SIMBADA (Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Barang & Jasa) termasuk Manajemen Aset. Dengan dukungan SIMBADA, maka Divisi Umum dalam mengelola pengadaan barang dan jasa dapat dilakukukan secara efektif.

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa (SIMBADA) adalah suatu perangkat lunak aplikasi (application software) berbasis web yang dipergunakan untuk membantu bank dalam melakukan pengelolaan barang dan jasa.

 

Benefit

Implementasi aplikasi SIMBADA  akan memberikan benefit, diantaranya:

1. Memudahkan dalam proses manajemen barang dan jasa terkait dengan proses dan dokumen yang terkait.

2. Memudahkan dalam mengelola vendor dari proses inisiasi, penilaian kinerja vendor, sampai dengan proses pembayaran.

3. Memudahkan dalam mengelola permintaan pengadaan oleh masing-masing satuan kerja kepada Departemen Pengadaan.

4. Terbangunnya SLA (SERVICE LEVEL AGREEMENT) antar Departemen Pengadaan Divisi Umum dengan divisi lainnya.

 

 

Arsitektur Aplikasi SIMBADA

simbada barang jasa

 

Penjelasan Modul

Modul-modul utama pada aplikasi SIMBADA dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Purchasing, merupakan modul untuk mengelola data permintaan pengadaan yang dimulai dari permintaan user (unit terkait), melakukan persetujuan atas permintaan pengadaan, sampai dengan pembuatan SPK dan berita acara serat terima.
  2. Tendering, merupakan modul untuk mengelola data tender, yang sebelunya bedasarkan persetujuan atas permintaan pengadaan, kemudian membuat pengumuman tender yang dikirimkan via email.
  3. Payment, merupakan modul yang berfungsi untuk melakukan pencatatan pembayaran dan perubahan status (Open atau Close) sesuai dengan hasil pembayaran.
  4. Property, merupakan modul untuk mengelola data Barang Inventaris dan Barang Persediaan (untuk barang-barang kebutuhan operasional seperti buku tabungan, cek/bg, dll).
  5. Vendor Management, merupakan  modul untuk mengelola data vendor sebagai penyedia barang dan jasa.
  6. Reporting, merupakan modul untuk menampilan laporan-laporan dan terdapat fungsi untuk mengenerate data LBU (file LBU format .txt) dari data Inventaris/Property maupun Persediaan Barang yang dibutuhkan setiap bulan.
  7. Executive View, merupakan modul untuk menampilan laporan untuk pihak manajemen / executive dalam bentuk grafik / dashboard.
  8. User & Role Management, merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) aplikasi dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  9. Administrasi Data, merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan aplikasi.

 

 

 

 

 

 

Share: