Pengembangan Budaya Risiko (RISK CULTURE)

    Dibaca 923 kali workshop

 

Pentingnya pengelolaan risiko di dunia perbankan sebenarnya sudah lama disadari manajemen Bank. Tetapi sejak mencuatnya sejumlah kasus besar belakangan ini semakin menyadarkan kita mengenai betapa pentingnya manajemen risiko untuk mencegah terulangnya kasus serupa pada masa mendatang.

Dalam kurun waktu lima tahun kebelakang, perbankan Indonesia kembali diterpa sejumlah kecurangan (fraud) yang terjadi pada beberapa bank yang melibatkan pejabat bank. Pembobolan bank oleh pejabat bank, baik yang terjadi di perbankan nasional tersebut merupakan risiko yang berkaitan dengan operasional bisnis atau lebih dikenal di dunia perbankan dengan risiko operasional (Operational Risk), yakni risiko kegagalan operasional yang salah satu penyebabnya berasal dari faktor sumber daya manusia.

Untuk menanggapi risiko (risk response) atas risiko operasional dan risiko lainnya, ada beberapa langkah yang dapat diambil salah satunya adalah dengan membangun kepekaan atau kepedulian sumber daya manusia (SDM) terhadap budaya risiko (risk culture).

Budaya risiko (risk culture) merupakan perilaku semua personil berinteraksi dan persepsi terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan risiko. Persepsi terhadap risiko tersebut akan terefleksi dalam keputusan-keputusan yang diambil dan cara melakukan pekerjaan.

Budaya risiko menjadi semakin nyata pentingnya karena implementasi suatu sistem manajemen risiko meliputi tugas dalam operasional sehari-hari. Proses yang berkaitan dengan budaya risiko biasanya dimotori oleh motivasi dari pimpinan puncak dan komitmen untuk melaksanakan manajemen secara konsekuen.

 

Tujuan

Tujuan Public Training Pengembangan Budaya Risiko adalah untuk meningkatkan kompetensi dan awareness SDM BANK  dalam melakukan proses pengelolaan risiko, sedangkan beberapa expected output yang diharapkan adalah :

  1. Membangun pemahaman tentang korelasi budaya risiko dengan budaya perusahaan
  2. Membangun pemahaman kerangka budaya risiko
  3. Metodologi penerapan budaya risiko Bank sesuai dengan ketentuan regulator dan best practice

 

Materi Training

Training ini akan membahas beberapa topik terkait pengembangan budaya risiko yang meliputi:

  1. Konsep Budaya Risiko
  2. Peran Budaya Risiko dalam Implementasi Budaya Perusahaan dan Pencapaian Kinerja Bisnis
  3. Kerangka Budaya Risiko
  4. Membangun Komitmen Manajemen Dalam Penerapan Budaya Risiko
  5. Implementasi Tata Kelola Manajemen Risiko
  6. Kontribusi Kompetensi Manajemen Risiko Dalam Budaya Risiko
  7. Pengembilan Keputusan Berbasis Risiko
  8. Pengukuran Tingkat Kematangan Budaya Risiko

Share: