IN HOUSE TRAINING SELF ASSESSMENT TINGKAT KESEHATAN BANK BPD JATENG

    Dibaca 420 kali tkb risiko bank workshop

 

Jumat, 06 Januari 2017

SEMARANG – Seiring dengan pergantian beberapa tim pengampu TKB di Bank Jateng, SOLMIT bersama Bank Jateng melaksanakan kegiatan In House Training dengan tema Self Assessment Tingkat Kesehatan Bank”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 05 – 06 Januari 2017 yang bertempat di Kantor Bank Jateng yang beralamat di Jalan Pemuda No. 142, Semarang, Jawa Tengah.

Pada hari pertama, Bapak Ony selaku eksekutif senior Bank Jateng menyampaikan beberapa kata sambutan sebagai pembuka acara. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Sutardi selaku ITM & Risk Management Consultant SOLMIT.  Kegiatan In House Training ini dihadiri oleh Tim Pengampu TKB Bank Jateng yang terdiri dari Divisi Kepatuhan dan Hukum, Divisi Manajemen Risiko, Divisi Perencanaan  dan Pengembangan Bisnis, Divisi Akuntansi dan Pengendalian Intern, Divisi UMKM dan Konsumer, Divisi Korporasi dan Komersil, Divisi Treasury dan Internasional, Divisi Syariah, Divisi TSI, Divisi SDM, Tim Anti Fraud, dan Tim AMU Restrukturisasi dan Penyelesaian Kredit.

Para peserta juga diarahkan serta dibimbing secara langsung untuk melakukan simulasi penilaian tingkat kesehatan bank menggunakan tools aplikasi TKB v2 yang dikembangkan oleh SOLMIT dan sudah diimplementasikan di Bank Jateng. Dengan adanya aplikasi TKB v2 diharapkan penilaian tingkat kesehatan bank yang dilakukan oleh Bank Jateng pada setiap semester dapat lebih mudah dan dapat menghasilkan output laporan yang valid dan relevan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 4/POJK.03/2016 tentang penilaian tingkat kesehatan bank umum berdasarkan risiko (Risk Based Bank Rating) dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 8/POJK.03/2014 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Partisipasi peserta ditandai dengan antusiasme seluruh peserta dalam menanggapi dan merespon pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri. Secara keseluruhan, hampir sepenuhnya peserta telah memahami mengenai self assessment Tingkat Kesehatan Bank, namun dalam pelaksanaan self assessmentnya peserta masih perlu melakukan eksplorasi  terkait pendefinisian parameter dan skoring parameter kuantitatif dan kualitatif.

Tingkat antusias peserta juga ditunjukan dengan aktifnya beberapa peserta untuk berdiskusi kepada pemberi materi dan aktif dalam berbagi informasi yang berkaitan dengan keadaaan terkini di Bank Jateng sesuai dengan materi yang disampaikan.

Beberapa kondisi manajemen terkini di Bank Jateng terkait dengan materi pembahasan disampaikan juga oleh peserta, pendekatan dan penerapan terkait self assessment tingkat kesehatan bank menghasilkan beberapa rekomendasi yang diharapkan dapat diterapkan di manajemen Bank Jateng  diantaranya, konversi data parameter kualitatif menjadi kuantitatif agar hasil penilaian self assessment dapat terukur dengan jelas, melakukan penetapan skoring parameter menggunakan data historis bank yang diambil dari data 3 tahun terakhir, serta pendefinisian parameter kualitatif yang mendetail dengan menggunakan kriteria – kriteria pada setiap peringkat risikonya.

Dengan diadakannya training ini diharapkan para peserta dapat memahami prinsip - prinsip self assessment tingkat kesehatan bank yang berlandaskan hal – hal berikut, diantaranya berorientasi risiko, proposionalitas, materialitas & signifikan, serta komprehensif & terukur. Peserta yang juga merupakan Tim Pengampu TKB di Bank Jateng diharapkan telah memahami cara penggunaan aplikasi TKB v2 karena penilaian tingkat kesehatan bank yang dilakukan oleh Bank Jateng setiap semester sudah menggunakan tools aplikasi TKB v2.

Share:

Produk

Kontak Kami

PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA
Komplek Surapati Core J-2 Jl. PHH Mustofa No.39, Bandung
info@solmit.com
(+6222) 723 7667
(+6222) 8724 1411