Profil Risiko Cabang

    Dibaca 383 kali prc risiko bank
Aplikasi Profil Risiko Cabang (PRC)
 
Aplikasi Profil Risiko Cabang merupakan aplikasi yang digunakan untuk mempermudah penerapan strategi manajemen risiko bank dalam mengelola dan melakukan penilaian inherent risk dan kualitas penerapan manajemen risiko (KPMR) yang komprehensif dan terstruktur pada masing-masing cabang bank dengan menggunakan parameter yang sesuai dengan aktivitas bank. Pengelolaan Profil Risiko Cabang ini merupakan wahana Business Process Alignment antara SKMR dengan SKAI, dimana Laporan Profil Risiko Cabang yang dikelola oleh SKMR dapat digunakan oleh SKAI sebagai referensi RBA (Risk Based Audit).
 
Aplikasi Profil Risiko Cabang (PRC) dibangun sesuai dengan ketentuan dari Bank Indonesia :
  1. Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/25/PBI/2009, perubahan atas PBI Nomor 5/PBI/2003 tentang penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum.
  2. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 13/23/DPNP tanggal 25 Oktober 2011, perubahan atas SE Nomor 5/21/DPNP perihal penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum.
 
Implementasi aplikasi Profil Risiko Cabang akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya:
  1. Melakukan pengelolaan profil risiko cabang secara terpusat sehingga memudahkan dalam melakukan identifikasi, pengukuran, dan monitoring risiko cabang.
  2. Membangun risk awareness kepada seluruh Pegawai Bank.
  3. Standarisasi metode dan proses pengelolaan Profil Risiko Cabang.
  4. Meningkatkan reputasi Bank yang dapat mengimplementasikan manajemen risiko secara efektif

 

Berikut arsitektur Aplikasi Profil Risiko Cabang (PRC)

 

 

 Modul-modul utama pada aplikasi Profil Risiko Cabang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Input Data (Kuantitatif & Kualitatif), merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data kuantitatif dan kualitatif dari parameter-parameter aktivitas fungsi sebagai bahan/referensi penilaian risiko untuk masing-masing cabang.
  2. Penilaian Risiko, merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data penilaian risiko inherent risk dan KPMR (Kualitas Penerapan Manajemen Risiko) untuk masing-masing parameter aktivitas fungsi.
  3. Laporan merupakan modul yang berfungsi untuk melakukan vadidasi laporan dan menampilkan laporan-laporan yang menyeluruh mengenai profil risiko cabang.
  4. Executive View, merupakan modul yang diperuntukan bagi pihak manajemen untuk dapat melihat secara grafik score konsolidasi akhir penilaian profil risiko cabang.
  5. User & Role Management, merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) aplikasi Profil Risiko Cabang dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  6. Administrasi Data, merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi Profil Risiko Cabang, dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan termasuk perubahan untuk setiap bobot masing-masing komponen risiko yang terlibat dalam penilaian profil risiko cabang.

Share: