Data Warehouse

    Dibaca 455 kali bank data warehouse

Data Warehouse

Data Warehouse adalah database yang berisi data-data dari beberapa sistem operasional yang terintegrasi dan terstruktur sehingga dapat digunakan untuk mendukung analisa dan proses pengambilan keputusan dalam bisnis. Data Warehouse dirancang untuk bisa melakukan query secara tepat. informasi diturunkan dari data lain, dilakukan rolling up untuk dijadikan ringkasan, dilakukan operasi drilling down untuk mendapatkan informasi lebih detail atau melihat pola yang menarik atau melihat trend (kecenderungan) dari suatu informasi).

Implementasi Data Warehouse akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya :

  1. Mempermudah bank dalam melakukan pembuatan laporan, dengan mengambil data-data yang bersumber dari banyak aplikasi dengan menggunakan query sederhana, di dapatkan laporan perhari, perbulan, pertahun atau jangka waktu kapanpun yang diinginkan.
  2. On-Line Analytical Processing (OLAP), mendayagunakan konsep data multi dimensi dan memungkinkan para pemakai menganalisa data sampai mendetail, tanpa mengetikkan satupun perintah SQL. Hal ini dimungkinkan karena pada konsep multi dimensi, maka data yang berupa fakta yang sama bisa dilihat dengan menggunakan fungsi yang berbeda. Fasilitas lain yang ada pada sofware OLAP adalah fasilitas rool-up dan drill-down. Drill-down adalah kemampuan untuk melihat detail dari suatu informasi dan roll-up adalah kebalikannya.
  3. Data mining, merupakan proses untuk menggali pengetahuan dan informasi baru dari data yang berjumlah banyak pada data warehouse, dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence), statistik dan matematika. Data mining merupakan teknologi yang diharapkan dapat menjembatani komunikasi antara data dan pemakainya
  4. Memproses informasi executive, dapat membuat ringkasan informasi yang penting dengan tujuan membuat keputusan bisnis, tanpa harus menjelajahi keseluruhan data. Dengan menggunakan data warehouse segala laporan telah diringkas dan dapat pula mengetahui segala rinciannya secara lengkap, sehingga mempermudah proses pengambilan keputusan. Informasi dan data pada laporan data warehouse menjadi target informative bagi Direksi Bank.

 

Berikut Arsitektur Data Warehouse :

 

Share: