Loan Origination System

    Dibaca 521 kali LOS

Aplikasi Loan Origination System (LOS) merupakan aplikasi berbasis web dan menggunakan pendekatan workflow yang dikembangkan secara khusus untuk mendukung pemrosesan aplikasi kredit yang dibutuhkan Bank, dimana sistem ini dapat melakukan pemrosesan administrasi pembiayaan secara komputerisasi, dari tahapan Loan Origination hingga tahapan approval. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan modul Retaksasi, Monitoring Kolektibilitas dan Document Management.

Dengan adanya Era Booming Perbankan Konsumer menuntut perbankan untuk terus meningkatkan kualitas layanan maupun produk demi memberikan yang terbaik kepada nasabah maupun calon nasabah. Adanya dukungan Teknologi Informasidalam hal sistem pemrosesan aplikasikredit adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas layanan dan produk perbankan konsumer.

 

Benefit

Implementasi aplikasi Loan Originatioan System akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya:

1. Mempermudah bank dalam tahapan proses pemberian kredit kepada nasabah atau calon nasabah sehingga lebih cepat, efesien dan efektif.

2. Aplikasi Loan Origination System memiliki kemampuan untuk melakukan analisa kredit secara cepat dan akurat terhadap aplikasi pinjaman yang diajukan oleh nasabah berdasarkan masing-masing skema kredit.

3. Aplikasi Loan Origination System dilengkapi dengan modul Document Management yang berfungsi sebagai alat control keberadaan dokumen jaminan maupun persyaratan lainya dan mempermudah proses analisa kredit berkaitan dengan pengajuan pinjaman.

4. Tercapainya SLA (Service Level Agreement) Bank dengan nasabah.

5. Meningkatkan reputasi Bank dengan dukungan layanan yang efektif.

 

Arsitektur Aplikasi 

 

Penjelasan Modul

Modul-modul utama pada aplikasi Loan Origination System dapat dijelaskan sebagai berikut

1. Application

Modul Application merupakan modul utama untuk mengelola proses pada tahapan awal LOS yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi terkait calon debitur, permohonan kredit, dan penilaian yang terdiri atas sub modul-modul Application History, Application Data Entry, BI Checking, Verification Data Entry dan Appraisal Data Entry.

2. Proposal Finalization

Modul Proposal Finalization berfungsi untuk mengelola data pengajuan sehingga dapat menghasilkan Laporan APK dan memperoses pengajuan prosposal peromohonan kredit yang diajukan oleh AO/BSO/RM, dan disetujui oleh MB / CH. Informasi yang terangkum dalam MRK terdiri atas :

  1. Informasi Utama (Debitur Information, Tujuan Penggunaan Fasilitas, Hasil BI Cheking, Historical Pinjaman di Bank Windu, Refferensi, Group Perusahaan, Hasil Trade Cheking.
  2. Manajemen dan Kepemilikan.
  3. Analisa Usaha dan Industri.
  4. Analisa Keuangan.
  5. Rekomendasi.

 

3. Loan Commitee

Modul Loan Commitee berfungsi untuk mengelola proses persetujuan pengajuan proposal kredit yang dilakukan oleh Loan Commitee. Yang terdiri atas tahapan Credit Review yang dilanjutkan dengan persetujuan dari BWMK Holder.

4. Offering Letters

Modul Offering Letters berfungsi untuk mengelola data offering letter yang akan disiapkan sebagai bukti persetujuan atas permohonan kredit dari calon debitur. Offering Letters di cetak dan ditandatangani oleh calon debitur.

5. Quality Assurance

Quality Assurance berfungsi untuk memproses tahapan pemeriksaan ulang untuk Offering Letter yang dihasilkan sebelum diserahkan kepada Calon Debitur.

6. Memo Deviation

Memo Deviation merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data dan mengajukan Memo Deviasi atas permintaan dari Calon Debitur dengan pertimbangan dari AO/BSO/RM, BA/CH yang ditujukan kepada Loan Commitee.

7. Legal Process

Legal Process; yaitu modul yang berfungsi untuk mengelola data data hasil verifikasi dokumen legalitas calon debitur oleh Bagian Legal yang menghasilkan Memorandum Analisa Yuridis (MAY).

8. Acceptance

Acceptance merupakan modul yang berfungsi untuk membantu Bagian Acceptance ppada masing-masing cabang untuk menverfikasi data dan dokumen persyaratan pencairan kredit termasik dokumen notaril akan kredit.

9. Disbursement

Disbursement merupakan modul yang berfungsi untuk pengelola data pencairan, yang dilakukan oleh Credit Admin, dengan tahapan awal melakukan pengecekan ulang data pada aplikasi untuk data pencairan kredit yang akan di eksekusi di Core Bangking System kemudian dilanjutkan dengan memproses pencairan kredit di Core Banking System.

10. Appraisal External

Appraisal External yaitu modul yang berfungsi untuk melakukan entri data Laporan Penilaian Agunan (LPA) yang dilakukan oleh Appraisal External untuk kriteria kredit dengan batasan tertentu yang dipersyaratkan.

11. Document Management

Modul yang berfungsi untuk mengelola proses penyimpanan dan atau pengaturan dokumen debitur, mulai dari pengajuan sampai dengan pra pencairan kredit termasuk dokumen jaminan.

Modul ini terdiri atas sub Modul:

  1. Document Folder; yaitu modul yang berfungsi untuk mengelola data fost copypersyaratan kredit hasil scaning, yang disimpan ke dalam database.
  2. Document Distribution; yaitu modul yang mengelola lalulintas distribusi dokumen fisik,sebagai bentuk kontrol terhadap keberadaan dokumen fisik.

 

12. Settings

Berfungsi untuk mengelola data pengaturan untuk aplikasi, workflow, user dan perannya dalam aplikasi.

13. Data Master

Berfungsi untuk mengelola data – data master / utama yang dibutuhkan untuk menunjang jalannya operasional aplikasi LOS antara lain jenis pinjaman, tipe pinjaman, limit pinjaman dll.

14. Mapping Data

Berfungsi untuk mengelola data pemetaan untuk proses dan data master, misalnya penetapan target, penetapan maksimal pemberian kredit dan lainya.

15. Integrasi Data

Berfungsi untuk mengelola Integrasi data dengan Database Core Banking System / Datawarehouse.

16. Workflow

Sistem menerapkan tahapan alur kerja modul/ proses yang disesuaikan dengan alur kerja bisnis pada Bagian Kredit Bank.

17. Notifikasi

Berfungsi untuk menampilkan notifikasi di aplikasi untuk semua modul yang memerlukan pemberitahuan.

18. Reporting & Executive View

Berfungsi untuk mengelola laporan dan executive view untuk kebutuhan Bank.

Share: