IT Strategic Plan / IT Master Plan

    Dibaca 431 kali

Latar Belakang

Peran Teknologi Informasi (TI) sebagi salah satu komponen penting pendukung tercapainya tujuan perusahaan tidak dapat dipungkuri lagi. Namun disisi lain masih banyak perusahaan yang tidak tahu atau tidak yakin kemana alokasi investasi TI sebaiknya ditempatkan. Akibatnya inisiatif/proyek TI yang dilakukan banyak yang bersifat spontanitas dan sekedar mengikuti trend yang ada. Hal ini menyebabkan investasi tersebut tidak memberikan valuebagi perusahaan sebagaimana yang selama ini diharapkan dari TI.

Untuk mengatasi masalah itu, maka setiap perusahaan wajib memiliki sebuah rencana induk(master plan) TI sebagai dasar untuk semua program /inisiatif TI tersebut. IT Strategic Planatau biasa disebut juga sebagi IT Master Plan/IT Blueprint merupakan rencana induk jangka panjang yang bersifat strategis dan sangat krusial bagi sebuah perusahaan atau institusi yang mendambakan dukungan TI dalam pencapaian tujuan strategis perusahaanya.

 

Kebutuhan bisnis:

Perusahaan perlu mengimplementasikan Corporate Strategic Plan dan Rencana Bisnis Perusahaan, maka dukungan IT merupakan hal yang mutlak dilakukan, dan Rencana Strategis Teknologi Informasi (Information Strategic Plan – ITSP) merupakan alat manajemen untuk navigasi semua masalah terkait daya guna teknologi informasi sehingga secara esensial beroperasi secara efisien, dan mendukung tujuan bisnis.

Sementara banyak perusahaan yang belum dapat melakukan pengeloaan IT yang baik dan belum mampu melakukan efisiensi dan efektivitas belanja/investasi IT

 

Solusi yang ditawarkan:

Solusi yang SOLMIT tawarkan antara lain memberikan jasa konsultansi terbaik untuk Penyusunan Rencana Strategis Teknologi Informasi dikenal juga sebagai perancangan arsitektur informasi dan komunikasi organisasi atau perancangan cetak biru (blueprint), di mana perancangan akan dilakukan secara sistematis dan lengkap dalam mendefinisikan teknologi informasi dan komunikasi yang sedang berjalan (baseline) dan lingkungan teknologi informasi dan komunikasi yang diinginkan (target).

IT Strategic Plan akan mengacu pada best practise baik secara metodologi maupun tren pemanfaatan IT di perusahaan yang disesuaikan lingkup bisnisnya yang merupakan langkah strategis manajemen dalam merencanakan optimasi pemanfataan IT dan menghasilan standar pengoperasian teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan aspek keamanan/security, scalability, availability, managebility, dan performance.

Share: