IT Governance Assessment

    Dibaca 440 kali

Latar Belakang

IT Governance sangat perlu diimplementasikan diperusahaan mengingat IT Governance merupakan salah satu faktor yang diyakini sebagai penentu agar investasi TI tersebut benar-benar mampu memberikan value bagi perusahaan, dengan syarat IT Governance tersebut diterapkan dengan tepat. 

Untuk menerapkan IT Governance dengan benar, perusahaan dapat mengacu pada standard/best practices/framework yang tersedia. Salah satunya adalah COBIT (Control Objectives for Information and related Technology) yang dikeluarkan oleh ISACA (Information Systems Audit dan Control Association). COBIT sudah terbukti banyak membantu perusahaan/organisasi  dalam menerapkan IT Governance.

 

Kebutuhan bisnis:

Pengelolaan perusahaan yang baik menuntut diterapkannya Good Corporate Governance (GCG) yang mengatur dan mengendalikan perusahaan untuk menciptakan nilai tambah (value added) untuk semua stakeholder. Untuk menerapkan prinsip-prinsip GCG dalam pengelolaan TI, maka perlu disusun tata kelola TI (IT Governance) yang menjadi bagian integral dari Enterprise Governance agar dapat menjamin pemanfaatan dari implementasi TI.

Dan salah satu ruang lingkup IT Governance yang perlu diperhatikan dan dijalankan dengan tepat yaitu Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi melalui Audit Teknologi Informasi yang dijalankan oleh Auditor intern IT yang merupakan tulang punggung utama untuk menunjang pencapaian tujuan bisnis perusahaan, sehingga perlu untuk terus melakukan transformasi kemandirian TI.

 

Solusi yang ditawarkan:

Berkaitan dengan kebutuhan penerapan IT Governance, SOLMIT yang memiliki sumber daya konsultan IT dan manajemen yang profesional ,menawarkan sebuah solusi dengan mengacu pada best practise baik secara metodologi maupun tren yang bertujuan untuk tercapainya ekspektasi tata kelola IT yaitu:

  1. Mencapai Efektivitas
  2. Mempercepat Proses
  3. Memberdayakan Manusia
  4. Memaksimalkan Pelayanan
  5. Meningkatkan Efisiensi
  6. Memperbaiki Kualitas
  7. Menerapkan Transparansi
  8. Mengurangi Biaya
  9. Mengintegrasikan Organisasi
  10. Memuaskan Pelanggan
  11. Mengoptimalkan Sumber Daya
  12. Menciptakan Inovasi
  13. Memenuhi Standar Aturan
  14. Memenuhi Standar Aturan
  15. Dan Sebagainya.

 

Berikut kerangka kerja yang SOLMIT tawarkan:

Share: