Expense Management

    Dibaca 392 kali

Prinsip manajemen perusahaan menuntut agar baik dalam memperoleh maupun dalam menggunakan dana harus didasarkan pada pertimbangan efisien dan efektivitas. Dengan demikian maka pembelanjaan perusahaan atau manajemen keuangan tidak lain adalah manajemen untuk fungsi-fungsi pembelanjaan. Pada dasarnya dapat dikatakan bahwa fungsi pembelanjaan dalam perusahaan meliputi :

  1. Fungsi penggunaan dana (use/allocation of funds) Fungsi penggunaan dana harus dilakukan secara efisien. Efisien penggunaan dana secara langsung akan menentukan besar kecilnya tingkat keuangan yang dihasilkan dari investasi tersebut atau rentabilitas.
  2. Fungsi pemenuhan kebutuhan dana atas fungsi pendanaan (financing : obtaining of funds). Fungsi pemenuhan kebutuhan dana atau fungsi pendanaan juga harus dilakukan secara efisien.
 
Secara umum masalah manajemen pengeluaran adalah tentang sistem dan rasio tentang pendapatan dibandingkan beban. Dan semuanya bermuara pada keseimbangan tentang peningkatan pendapatan dan meminimalkan biaya. Pada kedua hal tersebut selalu dilakukan trade-off untuk menyeimbangkannya.

 

Share: